Sony Ericsson - XPERIA X1

BERBAGAI CARA, XPERIA X1 bisa dioperasikan dengan berbagai cara. Mulai mengetik langsung di keypad berdesain slider busur, mengoperasikan dengan stylush, atau lewat tombol navigasi segi empat berbentuk X.

SONY ERICSSONXperia X1 adalah handsetyang sangat personal,di mana penggunaan maksimalnya berada sepenuhnya di tangan si pemilik. Harap dibedakan, peminat Xperia X1 tidaklah sama dengan mereka yang menggemari fitur-fitur Apple iPhone, Nokia 5800 XpressMusic, Samsung Omnia, ataupun LG Cookie.

Lihat saja,ketika dirilis, Sony Ericsson langsung menempatkan X1 untuk bersaing dengan MWg Zinc II, i-mate Ultimate9502,sertaHTC Touch Pro. Ini karena ketiga produk yang disebut terakhir sudah berfasilitas kibor QWERTY serta sistem operasi Microsoft Windows Mobile (WinMo). Penggunaan sistem operasi WinMo ini memang punya pengaruhbesaruntukmenyaring segmentasi user.

Dibanding Symbian UIQ, WinMo lebih unggul karena memiliki banyak aplikasi third party yang bisa diinstal sesuai kebutuhan. Selain itu,hardware yang mendukungnya pun berkemampuan sangat tinggi.Jadi selain lebih baik dalam ber-multitasking, handset dengan sistem operasi ini umumnya mampu menjalankan beragam aplikasi berat dengan lancar.

Sebaliknya,bagi yang tidak biasa,WinMo bakal terasa ribet dan tidak praktis, baik dalam User Interface (UI) ataupun pengaturannya.Rasanya seperti harus berkomputasi dengan PC yang amat mini. Belum lagi harganya yang jauh lebih mahal.Nah,kini tergantung dari kebutuhan dan kemampuan seseorang dalam menggunakan serta memaksimalkan devicemiliknya.

Mengoperasikan

Dibandingkan rival-rivalnya, X1 seharga Rp7 jutaan ini memang lebih kompak. Sentuhan desainnya juga ergonomis dan sangat premium. Mengoperasikannya bisa dengan beberapa cara. Jika ingin melakukan edit-ing dokumen atau membalas email, saya akan menggeser kibor QWERTY slider busurnya ke samping.Tutsnya kecil dan lepek, tapi empuk dan nyaman.

Sebentar saja saya sudah bisa mengetik cepat.Sebaliknya, untuk browsing atau ber- SMS, saya menggunakan stylush untuk handwriting atau memencet kibor digital. Sementara tombol navigasi segi empat berbentuk X berguna untuk menggeser layar. Saya juga sering melakukan smart filtering untuk mencari informasi secara cepat di kontak, thread SMS, e-mail, bahkan konten multimedia seperti lagu dan video.Praktis.

Panel

Daya tarikutamaX1adalah sistem panel interface yang menggabungkan application launcherdan widgets.Ada 9 panel untuk akses cepat dari homescreen menuju aplikasi seperti Facebook,Google,Windows Live,Dashwire, Picture, ataupun Music. Ini cukup fun dan memudahkan user. Apalagi panelpanel ini bisa dikostumisasi sesuai keinginan dan suasana hati. Personalisasi X1 ini ter- masuk ketersediaan sekitar 18 ribu aplikasi third party di internet yang tersedia gratis ataupun bayar.

Office

Sebagai kebutuhan utama pengguna X1, fasilitas office tergolong mumpuni.Saya menulis naskah di Word, mengedit file Excel, melihat majalah dalam bentuk PDF,membuka kembali halaman web yang di-save, bahkan membuat presentasi kecil-kecilan di Powerpoint. Layarnya yang lebar dan kenyaman kibor membuat saya betah untuk mengeksplorasi terhadap berkas-berkas perkantoran dalam waktu cukup lama.

Hiburan

Layar diagonal 3 inci berkedalaman TFT 65 ribu warna merupakan salah satu kunci fitur hiburan X1.Meski tidak terlalu sering untuk memanfaatkannya melihat video,saya merasa nyaman saya browsing dengan tingkat zoom minimal. Huruf dan gambar terlihat jelas.Selanjut,radio FM dan MP3 player cukup sering dimanfaatkan. Untuk ini, saya menggunakan head set stereo sendiri yang dicolokkan ke lubang audio 3,5 mm untuk kualitas suara lebih.

Kamera

Cukup standar.Beresolusi 3.15 MP (2048x1536), memang sedikit gelap saat dijajal di indoor.Namun,lebih dari cukup untuk sekadar memenuhi kebutuhan fotografi sehari-hari.

Internet

Fitur ini yang paling sering saya gunakan untuk mengecek e-mail, membuka Facebook, blogging, juga berselancar lepas di situs ataupun forum yang saya ikuti. Pada situs- situs tertentu, saya mengklik tampilan standar full HTML guna mendapat-kan tampilan situs di ponsel persis seperti yang terlihat di komputer.Jika sedang mengopi di kafe, segera saya aktif- kan fitur Wi-Fi-nya.

Prosesor

Sumber tenaga X1 berasal dari prosesor Qualcomm MSM7200 528MHz.Kecepatannya lumayan prima saat meloadinterfacepanel, membuka aplikasi, multitasking, ataupun berkomputasi menggunakan aplikasi seperti office. Meski, beberapa kali lag atau hang juga tak dapat terhindarkan.

0 komentar:

Copyright © 2008 - technoholics - is proudly powered by Blogger
Smashing Magazine - Design Disease - Blog and Web - Dilectio Blogger Template